Manual Knowledge Base

Mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 di Windows 7 secara manual

Qwords.com Manual Knowledge Base December 23, 2019


image_pdf

Sebagai informasi saat ini TLS versi 1.0 sudah banyak ditinggalkan oleh pengembang sebagai salah satu protokol sekuriti. Termasuk pada produk dari cPanel. Pada update cPanel versi terbaru (Versi 84.x.x), cPanel menyatakan tidak memberikan support lagi untuk TLS versi 1.0 sebagai layer keamanan di mail servernya.

Sehingga, bagi OS yang masih menggunakan TLS 1.0, akan mendapatkan error  ‘your server does not support the connection encryption type you have specified’ ketika menghubungkan akun email yang ada di cPanel ke Microsoft Outlook.

Terutama untuk OS Windows 7, dimana secara default OS ini hanya mendukung versi TLS 1.0Windows 7 akan memasuki masa End of Support pada 14 January 2020, sehingga tidak akan mendapatkan pembaharuan lagi dari Microsoft. Jika sudah tidak mendapatkan update patch security secara rutin, disini keamanan data dan privacy anda akan dipertaruhkan. Solusi terbaik adalah untuk segera upgrade komputer anda ke Windows 10 agar keamanan data jauh lebih terjamin dan juga sudah mendukung layer protokol sekuriti yang terbaru.

 

 

Namun, untuk yang masih ingin memakai Windows 7 dan ingin agar fungsi email dengan enkripsi SSL/TLS tetap bisa digunakan di Outlook. Sebagai alternatif anda bisa mengaktifkan layer TLS 1.1 dan 1.2 secara manual.

Sebelum kita masuk ke tahapan langkah-langkahnya, terlebih dahulu silahkan membaca disclaimer berikut :

Tutorial ini bersumber dari halaman resmi Microsoft. Pada tahapan yang diberikan akan me-modifikasi  registry di Windows. Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama. Seluruh resiko yang akan ditimbulkan merupakan tanggung jawab penuh pengguna.

Baik, jika sudah dipahami Yuk kita lanjut ke langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Download dan install file update Windows 7 KB3140245 dari URL berikut :
    http://www.catalog.update.microsoft.com/search.aspx?q=kb3140245
  2. Download dan jalankan file MicrosoftEasyFix51044.msi untuk mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2, download dari halaman berikut (https://support.microsoft.com/en-us/help/3140245/update-to-enable-tls-1-1-and-tls-1-2-as-default-secure-protocols-in-wi)     Seperti pada gambar dibawah ini :

 

 

Setelah selesai, coba kembali untuk melakukan test account setting pada aplikasi Outlook. Jika pada test send/receive semuanya complete, maka Outlook sudah bisa digunakan kembali seperti biasanya.

 

 

Demikian informasi kami tentang cara mengaktifkan TLS 1.1 dan 1.2 pada OS Windows 7 secara manual. Jika anda ragu-ragu atau kurang mengerti metode diatas, kami tetap menyarankan solusi terbaik yaitu upgrade ke Windows 10 🙂

 

 

 

Jika memerlukan bantuan Tim Teknis kami, silakan menghubungi tim support kami dengan membuka tiket

Buka Tiket

Leave a Comment