Manual Knowledge Base

Rate Limits Let’s Encrypt ( Pembatasan Sertifikat SSL Let’s Encrypt )

Qwords.com Manual Knowledge Base May 17, 2019


image_pdf

Hai Sahabat Qwords,

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar batasan tingkat (rate limits) Let’s Encrypt untuk sertifikat yang diterbitkan, baik itu SSL baru atau  perpanjangan atau renew.

Secara default limit utama pembuatan SSL Let’s Encrypt (update 15 April 2019) untuk domain baru yaitu 50 domain per seminggu. Nah itu artinya, apabila sertifikat telah dibuat untuk 50 domain baru selama seminggu, maka penerbitan ssl untuk domain baru lagi akan dapat dilakukan pada minggu berikutnya. Jika kita mencapai batas, SSL Let’s Encrypt tidak memiliki cara untuk menyetel ulang untuk sementara waktu.

Kita harus menunggu sampai rate limit expires setelah satu minggu.

Jadi jika SSL Let’s Encrypt mengeluarkan 25 sertifikat pada hari Senin dan 25 sertifikat lainnya pada hari Jumat, SSL Let’s Encrypt dapat menerbitkan lagi mulai Senin.
 
Sedangkan untuk sertifikat perpanjangan atau renew adalah 5 sertifikat per minggu. Sertifikat dianggap duplikat dari sertifikat sebelumnya jika berisi kumpulan nama host yang sama.


Misalnya, jika kita meminta sertifikat untuk nama [www.contoh.com, contoh.com], kita dapat meminta empat sertifikat lagi untuk selama seminggu. Jika kita mengubah set nama host dengan menambahkan [blog.contoh.com], kita akan dapat meminta sertifikat tambahan.
 

Jika lebih dari 4 pengajuan sertifikat duplikat, maka akan keluar peringatan:

An unexpected error occurred:

There were too many requests of a given type :: Error creating new cert :: Too many certificates already issued for: (nama_domain)

Please see the logfiles in /var/log/letsencrypt for more details

Kasus yang biasanya Muncul

Apabila kita melakukan auto-renew namun tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya,

Pada saat kita melakukan renew yang terjadi, muncul pesan seperti berikut :

” Error creating new cert :: Too many certificates already issued for: …”

Nah kan, Artinya, blog kita yang menggunakan https akan muncul peringatan “Not Seccured” dong dan selama satu minggu karena renew untuk sertifikat duplikat akan dapat dilakukan seminggu kemudian.

Kesimpulan

  • Secara default limit utama pembuatan SSL Let’s Encrypt (update 15 April 2019) untuk domain baru yaitu 50 domain per seminggu.
  • Jika kita mencapai batas, SSL Let’s Encrypt tidak memiliki cara untuk menyetel ulang untuk sementara waktu.
  • Jadi jika kita mengeluarkan 25 sertifikat pada hari Senin dan 25 sertifikat lainnya pada hari Jumat maka kita akan dapat menerbitkan lagi mulai Senin.
  • Di saranakan untuk menggunakan Premium SSL untuk mengatasi permasalahan ini, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan rate limit SSL, Premium SSL bisa di pesan melalui Website Qwords
Jika memerlukan bantuan Tim Teknis kami, silakan menghubungi tim support kami dengan membuka tiket

Buka Tiket

Leave a Comment