Manual Knowledge Base

Scam Alert! Waspadai Ancaman Email Penipuan

Qwords.com Manual Knowledge Base October 24, 2018


image_pdf
scamalert

 

Scam adalah sebuah tindakan manipulasi atau tipuan yang dilakukan oleh sebuah badan usaha atau perorangan dengan cara melakukan manipulasi guna mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Scam sendiri dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya email.

Email penipuan atau email scam saat ini menjadi permasalahan serius di dunia cyber. Saat melakukan penipuan, email-email ini seringkali melakukan penyamaran seperti menawarkan informasi yang seolah-olah penting dan menarik.

Sahabat Qwords harus waspada, sebab jika email sampai kepada penerima, maka penerima bisa mengalami kerugian seperti kebocoran data (password, nama lengkap, tanggal lahir, data bank/kartu kredit) dan bahkan di beberapa kasus kehilangan sejumlah uang. Scam sendiri terdiri dari beberapa jenis.

 

Macam-macam Email scam

  • Phishing

Phishing merupakan tindakan pencurian data diri berupa biodata Anda. Data-data yang dicuri biasanya berupa nama lengkap, tanggal lahir, alamat lengkap, nama ibu kandung, hingga nomor KTP anda.

Email phishing ini biasanya menyamar sebagai bank atau institusi yang terkenal, lalu mengarahkan kita untuk konfirmasi data dengan cara klik link yang mereka cantumkan pada email.

Anda wajib berhati-hati sahabat Qwords, karena pihak bank tidak pernah meminta konfirmasi data melalui email. Pastikan sebelumnya Anda konfirmasi melalui Call Center bank yang mengirimkan email agar terhindar dari penipuan. Pastikan nomor yang Anda hubungi adalah nomor asli instansi, bukan nomor yang dituliskan pada email scam.

 

 

  • Money handling

Jenis scam yang kedua ini melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga ini bertugas menerima dana yang sebelumnya dicuri melalui email scam lain. Kemudian uang dipindahkan dari luar negeri setelah dikurangi dengan komisi.

Pelaku penipuan ini seringkali mengaku bahwa ia memenangkan hadiah lalu membutuhkan bantuan orang lain agar uang bisa ditransfer/masuk ke rekeningnya. Dengan iming-iming jumlah besar dan berasal dari bank luar negeri.

 

 

  • Ebay Scam

Jenis scam ini akan menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada di pasaran, sehingga orang langsung tertarik untuk membeli.

Modus email ini biasanya menyamar menjadi web ecommerce yang sudah memiliki nama besar, lalu mengirimkan email yang memuat link diskon atau kupon. Dimohon untuk berhati-hati saat akan meng-klik link. Selalu lakukan cek kembali apakah promo tersebut benar adanya. Anda dapat memperhatikan dari ciri-ciri yang tampak seperti alamat dan nomor telepon.

 

 

  • Penipuan berkedok Undian

Modus penipuan seperti ini, yaitu dengan mengirimkan email yang berisi pemberitahuan kepada korban bahwa ia telah memenangkan hadiah melalui undian uang.

Biasanya, email ini akan memberikan link untuk klaim hadiah seperti “isi data diri Anda melalui link berikut”. Jika menjumpai email mencurigakan seperti ini, jangan mudah tergoda. Pastikan dulu sumbernya.

 

Nah, sahabat Qwords sudah paham kan, apa saja yang bisa dilakukan para penipu cyber melalui email scam? Karena itu, sahabat Qwords perlu berhati-hati saat membuka dan membaca email, apalagi saat terhubung ke jaringan umum seperti wifi di cafe. Sangat TIDAK disarankan untuk login akun perbankan jika menggunakan jaringan umum seperti wifi di tempat umum. Akses-lah hanya pada saat Anda sudah terhubung dengan jaringan yang Anda dikenali dan percaya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sahabat Qwords! Ingat untuk selalu waspada 🙂

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment