Manual Knowledge Base

Cara Manage Disk Space pada cPanel

Qwords.com Manual Knowledge Base October 7, 2018


image_pdf

 

Halo Sahabat Qwords,

Kali ini kita akan mengupas tuntas permasalahan mengenai penggunaan Disk Space pada cpanel. Ada beberapa masalah pada Hosting, salah satunya Disk Space yang tiba tiba penuh atau meningkat drastis. Pembahasan pertama kali ini adalah bagaimana menangani masalah tersebut dan cara memanage disk, memanage disk yang dimaksud di sini adalah mengelola dan analisa di folder atau bagian apa yang memakai Disk cukup besar.

Analisa pemakaian Disk untuk perbaikan masalah disk yang tiba-tiba penuh atau meningkat drastis, hal pertama yang di lakukan pastinya adalah login ke cpanel di url : namadomain.com/cpanel atau login melalui portal klik disini 

Setelah login cari menu Disk Usage atau bisa melihat screenshot di bawah :

 

Manage Disk cPanel Qwords

 

Setelah login dan menemukan menu Disk Usage klik menu tersebut untuk mengelola atau memanage disk usage di cpanel.

Pada menu Disk Usage akan tampil pemakaian disk di setiap folder, untuk bagian (Files in home directory) adalah file yang terdapat pada lokasi /home/usernamecpanel dan untuk (File in hidden subdirectories) adalah file yang tersembunyi di cpanel sebagian besar adalah untuk system hosting. Tampilan pada menu Disk usage seperti berikut :

Setelah di menu Disk usage cpanel disana terdapat informasi pemakaian disk usage di setiap folder atau bagian cpanel apabila foto diatas hanya menampilkan folder utama sebagai pemakaian, ada bagian di Disk usage dimana kita bisa melihat pemakaian sub folder. Misalkan di public_html 1GB kita bisa melihat informasi di bagian sub folder public_html di bagian bawah screenshot sebelumnya,berikut adalah screenshot informasi pemakaian disk di setiap folder dan subfolder :

Pada screenshot diatas terlihat pemakaian folder utama begitu juga subfolder tersebut,apabila ingin melakukan pengecekan lebih lanjut di setiap folder maka bisa langsung klik nama folder yang nantinya akan otomatis membuka file manage di lokasi folder tersebut,sehingga mempermudah melakukan pengelolaan disk dan pemakaian disk.

Pengelolaan disk pada disk usage sangat penting untuk efisiensi waktu melihat pemakaian disk dan pengelolaan disk.

Apabila ada pertanyaan perihal pengelolaan disk dan informasi yang belum disampaikan silahkan di informasikan melalui kolom komentar di bawah dan jangan lupa follow social media Qwords.com Instagram: qwordsdotcom Twitter: qwordsdotcom dan Facebook : Qwords cloud web hosting

Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment