Manual Knowledge Base

Monitoring Penggunaan Resource VDS/VPS Dan Dedicated Server Berbasis Linux

Qwords.com Manual Knowledge Base June 12, 2017


image_pdf

Pada tutorial kali ini, akan dibahas bagaimana memonitor penggunaan resource pada Linux Server baik itu CPU, Ram, I/O harddisk, Dan lainnya.

Dan untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas beberapa command yang biasa digunakan untuk memonitoring penggunaan resource server, seperti TOP, HTOP, IOTOP, ATOP, dan command umum lainnya.

  • Pertama, pengenalan pada interface command TOP,
    dimana kalian bisa mengetikan command TOP, pada server kalian, dan
    nantinya akan muncul tampilan seperti berikut :

 

Pada penggunaan TOP ini, 
sistem akan menampilkan semua proses yang berjalan pada server secara real-time 
dan diupdate setiap saat. Penggunaan TOP ini juga menampilkan penggunaan CPU, Memory, 
Memory Swap, Cache, Buffer Size (HDD), PID Proccess (ID User), User, 
Dan command atau perintah apa yang dijalankan oleh setiap proses tersebut.

 

  • Kedua, Disini akan dibahas penggunaan command HTOP, yang pada prinsipnya hampir
  • sama dengan command TOP, namun disini tampilan atau GUI (Graphics User Interface)
  • yang ditampilkan oleh HTOP, lebih intuitif, jelas, dan beberapa kelebihan lain
  • seperti kalian bisa mengkill proses tanpa menggunakan PID dari suatu proses, dan sebagainya.
Dan untuk menjalankannya, kalian bisa mengetikan command : htop

 

  • Ketiga, disini kita akan membahas tentang penggunakan command ATOP, command atop disini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan TOP dan HTOP, namun disini perbedaan antara ketiganya adalah ATOP memonitor beberapa penggunaan hardware inti pada server, seperti cpu , memory, disk, dan network server dan menampilkan pembagian penggunaan resource pada server secara mendetail.
Dan untuk menjalankannya, kalian bisa mengetikan command : atop , pada server kalian, dan nantinya tampilan yang akan keluar adalah seperti ini :

 

  • Keempat, disini kita akan membahas tentang penggunakan command IOTOP, command IOTOP disini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan command-command sebelumnya, namun hanya saja disini IOTOP menampilkan penggunaan Harddisk secara realtime, seperti penggunaan Read/Write HDD berapa banyak ¬†yang digunakan dan menjalankan proses atau command apa saja.
Dan untuk menjalankannya, kalian bisa mengetikan command : iotop , pada server kalian, dan nantinya tampilan yang akan keluar adalah seperti ini :

 

  • Kelima, disini kita akan membahas tentang penggunaan command VMSTAT, VMSTAT disini berfungsi untuk mengetahui penggunaan dari memori (Ram), prosesnya, paging (pembagian ke swap, io, system, cpu).
Dan untuk menjalankannya, kalian bisa mengetikan command : vmstat -a , pada server kalian, dan nantinya tampilan yang akan keluar adalah seperti ini :

Beberapa command diatas adalah command umum yang digunakan untuk memonitor resource pada server kalian, dan akan dibahas lagi nanti command yang digunakan untuk memonitor server kalian, part 2. :)
Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment