Manual Knowledge Base

Cara Membuat CSR di Linux Server Tanpa Panel Kontrol

Qwords.com Manual Knowledge Base January 5, 2017


image_pdf

CSR merupakan singkatan dari “Certificate Signing Request”, CSR diperlukan bilamana Anda melakukan order layanan Sertifikat SSL untuk domain Anda. CSR dihasilkan pada server dimana Sertifikat SSL akan digunakan, sebuah CSR berisi informasi tetang organisasi dan nama domain Anda, wilayah dan negara yang akan dimasukan dalam sertifikat Anda. Pada artikel ini, kami akan menunjukan bagaimana cara membuat CSR pada Server Linux tanpa panel kontrol seperti cPanel, Plesk Panel dan sejenisnya.

Prasyarat

  1. Login ke server melalui SSH.
  2. Artikel ini ditujukan untuk non-root user. Perintah yang memerlukan hak administratif diawali dengan sudo.

 

OpenSSL

Untuk membuat CSR, Anda memerlukan aplikasi OpenSSL pada server Anda. Ketikkan perintah berikut untuk melakukan installasi OpenSSL pada Linux Server :

Ubuntu / Debian

centOS

 

Membuat Private Key Dan CSR

Anda dapat membuat CSR menggunakan satu baris perintah. Perintah yang akan kami gunakan ini akan membuat Private Key dan kemudian menghasilkan CSR.

  1. Dalam artikel ini kami menyimpan file Private Key dan CSR didalam direktori /etc/ssl/certs/domain.com
  2. Ketikkan perintah berikut untuk membuat Private Key dan CSR
  3. Pada proses pembuatan CSR, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti Country Name,  State or Province Name, Locality Name, Organization Name, Organizational Unit Name, Common Name ( nama domain ) dan Alamat Email.  Pada bagian akhir, Anda akan diminta untuk menginput “A challenge password”, kami menyarankan untuk mengkosongkan saja dengan cara menekan tombol ‘Enter’. Berikut contoh tampilan keluaran dari proses pembuatan CSR :

 

Note : Bila SSL yang Anda pesan adalah Wildcard SSL, maka pada Common Name diisi dengan *.domain.com.

 

Setelah proses pembuatan Private Key dan CSR selesai, Anda akan mendapatkan dua file baru pada direktori /etc/ssl/certs/domain.com, yaitu :

  1. domain.com.key, file Private Key.
  2. domain.com.csr, file CSR.

 

Anda perlu menyimpan kedua file tersebut dan memastikan tidak ada perubahan pada code didalamnya. Dikarenakan apabila salah satu code didalam file tersebut berubah, maka Private Key dan CSR Anda tidak valid lagi dan Anda perlu membuat ulang Private Key dan CSR Anda.

Setelah Anda selesai membuat CSR, Anda dapat melanjutkan kelangkah selanjutnya dengan melakukan submit konfigurasi CSR Anda pada Portal Qwords untuk mendapatkan sertifikat SSL Anda.

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment