Manual Knowledge Base

Versi PHP yang direkomendasikan

Qwords.com Manual Knowledge Base January 9, 2016


image_pdfimage_print

Secara default, seluruh shared hosting Qwords menggunakan versi PHP 5.4. Versi 5.3 dan 5.5 – 5.6 sendiri dapat diaktifkan melalui cPanel > Select PHP Version. (Jika tidak aktif, silahkan membuat support ticket ke teknis) Namun karena PHP versi 5.3 sendiri sudah tidak mendapat dukungan aktif baik dari PHP.net dan cPanel maka Qwords akan berencana mematikan PHP 5.3 di seluruh shared hosting Qwords dan tidak dapat lagi dipilih melalui cPanel > Select PHP Version.

Versi php

Kotak merah pada gambar diatas menunjukkan versi PHP yang tidak lagi di dukung oleh PHP.net. PHP 5.3 sendiri sudah tidak lagi didukung sejak Agustus 2014 dan versi akhirnya (5.3.29) memiliki 25 isu keamanan yang telah ditangani di PHP 5.4 keatas.

Dan pada cPanel sendiri versi 5.3 sudah tidak didukung:

cpanel php

PHP 5.4 keatas sendiri memiliki performa yang lebih baik dari 5.3 serta keamanan yang lebih baik. Alasan Qwords menggunakan minimal 5.4 sendiri adalah karena 5.4 baru saja dicabut dukungannya (September 2015) dan dari hasil pengecekan kami masih banyak CMS/Framework yang mengisyaratkan minimal versi PHP 5.4 dan sedikit yang mengisyaratkan minimal versi PHP 5.5

Oleh karena itu, atas dasar keamanan, performa, dan kenyamanan serta kemudahan perawatan server maka kami akan mematikan pilihan PHP 5.3 di cPanel pada tengah tahun ini. Untuk itu kami sarankan kepada pengguna shared hosting di Qwords agar mengupdate website/CMS/Framework yang digunakan agar mendukung PHP minimal versi 5.4 

Waktu/tanggal pasti untuk tindakan mematikan pilihan PHP 5.3 di cPanel akan kami informasikan minimal 1 bulan sebelum dilaksanakan melalui Website Status Qwords. Baca lebih lanjut mengenai informasi keberadaan / penghentian dukungan produk di product life cycle policy.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas kerjasamanya. 🙂

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment