Installasi OpenLitespeed pada CentOS

Tutorial ini dibuat berdasarkan CentOS 6

OpenLitespeed adalah webserver alternatif selain Apache dan NGINX. Bagaimana cara Installasi OpenLitespeed pada CentOS , Dedicated Server atau Virtual Dedicated Server Qwords.com?

1. Pastikan CentOS kamu dalam kondisi baru dengan melakukan pembaharuan sistem operasi:

yum upgrade

2. OpenLitespeed sendiri memiliki repositori resmi. Kita dapat menggunakan repositori tersebut untuk tutorial ini. Tambahkan repositori resmi OpenLitespeed dengan perintah:

rpm -ivh http://rpms.litespeedtech.com/centos/litespeed-repo-1.1-1.el6.noarch.rpm

3. Install OpenLitespeed dengan perintah yum:

yum install openlitespeed

4. Setelah itu, OpenLitespeed bisa dijalankan melalui perintah:

/usr/local/lsws/bin/lswsctrl start

Selesai! OpenLitespeed pun sudah berjalan. Untuk membuktikannya, buka alamatip:8088

openlitespeed

 

Beberapa tips & trik

1. Kamu bisa masuk ke OpenLitespeed Control Panel melalui https://alamatip:7080

2. Jika menemui masalah dalam proses compile PHP di OpenLitespeed Control Panel, jalankan perintah berikut ini untuk menginstall library yang hilang:

yum install gcc bison re2c openssl-devel bzip2-devel curl-devel libpng-devel libmcrypt libmcrypt-devel

3. Bingung dengan paramameter yang digunakan saat compile PHP? Gunakan parameter dibawah ini (Parameter yang biasa digunakan)

 '--with-mysql' '--with-mysqli' '--with-mysql-sock=/var/lib/mysql/mysql.sock' '--with-zlib' '--with-gd' '--enable-shmop' '--enable-sockets' '--enable-sysvmsg' '--enable-sysvsem' '--enable-sysvshm' '--enable-mbstring' '--with-iconv' '--with-litespeed' '--with-curl' '--enable-zip' '--with-bz2' '--enable-bcmath' '--enable-calendar' '--enable-ftp' '--enable-exif' '--with-openssl' '--with-xmlrpc' '--enable-inline-optimization' '--enable-xml' '--with-mcrypt' '--with-mhash'

4. Menemui masalah saat akses halaman depan OpenLitespeed atau bahkan OpenLitespeed Control Panel? Pastikan firewall kamu mengizinkan port 7080 dan 8088 (Kamu bisa mengganti port 8088 ke 80 di OpenLitespeed Control Panel nanti)

5. Kamu dapat menggunakan php.ini yang ada di /usr/local/lsws/phpbuild/php-* (* merujuk pada versi PHP yang digunakan), untuk diletakkan pada /usr/local/lsws/lsphp5/lib

6. Login default dari OpenLitespeed Control Panel adalah “admin”, dengan password “123456” Jangan lupa untuk menggantinya di OpenLitespeed Control Panel!

Tertarik menggunakan OpenLitespeed? Pesan Virtual Dedicated Server di Qwords.com sekarang!