6 Plugin Penting Untuk Website WordPress

Sejak dibuatnya wordpress sampai tahun ini, sudah lebih dari puluhan ribu plugin yang dibuat dan terus dikembangkan, menginstall terlalu banyak plugin akan membuat website anda berat dan sulit diakses, oleh karena itu anda perlu membatasi plugin yang digunakan, install plugin yang penting saja, berikut 6 Plugin Penting Untuk Website WordPress yang boleh anda install:

 

1. WP- SuperCache

wp-supercache mempercepat akses ke posting ataupun halaman website anda dengan membuat cache berupa HTML statis, hal ini dapat memotong kerja prosesor dari server menjadi lebih ringan saat menampilkan posting atau halaman yang diinginkan pengunjung. plugin ini juga cukup ringan untuk diinstal dan sangat dianjurkan di kalangan shared hosting

 

2. WP-Spam Free

Wp-SpamFree adalah plugin untuk memblok komentar-komentar spam berdasarkan blacklist dari developernya, dan menggunakan javascript untuk memastikan komentar dari pengunjung tidak menggunakan kode otomatis, wp-spamfree hampir mirip dengan captcha dengan menampilkan gambar untuk mengetest apakah pengunjung manusia atau bukan. dengan plugin ini anda tidak memerlukan captcha lagi yang sering membuat kesal pengunjung. Wp-spamfree mampu menangkap lebih dari 30% komentar spam pada suatu website dalam waktu satu bulan.

 

3.  Google Sitemap XML

sebuah sitemap XML sangat dibutuhkan jika kami tertarik agar konten  website anda lebih mudah dilirik oleh google. plugin ini mengenerate dan mengpdate sitemaps sml untuk website anda, selain itu plugin ini melakukan ping ke mesin pencari agar mereka mengetahui ada konten baru menunggu untuk dapat diindex dan tampil di mesin pencari.

 

4. Akismet

Sama seperti WP-Spam Free, tugas dari plugin ini adalah  memblokir spammer berdasarkan blacklist yang dibuat oleh developer akismet, namun plugin ini lebih ringan karena tidak menerapkan metode javascript seperti yang ada di WP-Spam Free, plugin ini adalah alternatif pengganti WP-Spam Free, walaupun sebenarnya plugin ini sudah ada di WordPress saat pertama kali anda install. silakan memilih untuk mengaktifkannya atau menggantinya dengan WP-Spam Free.

 

5. All in One SEO Pack

Plugin All In One SEO pack terdiri dari fitur-fitur yang dapat meningkatkan rating SEO cms anda. sangat mudah digunakan dan termasuk plugin yang cukup penting. plugin ini direkomendasikan untuk pengguna paket Premium atau Ultimate dikarenakan memory yang digunakan lebih besar dari plugin-plugin biasanya.

 

6. Wp-PageNavi

Wp-PageNavi adalah plugin yang memberikan fitur di website anda agar pengunjung dapat berpindah ke postingan lama lebih mudah. plugin ini sangat mudah dikonfigurasi dan dapat dimodifikasi fungsi dan tampilannya, jika telah dipasang anda dapat melihat plugin ini di paling bawah halaman berupa angka yang dapat diklik untuk menuju ke halaman berikut atau sebelumnya.