Manual Knowledge Base

Mengganti Template Joomla via PhpMyAdmin

Qwords.com Manual Knowledge Base March 31, 2012


image_pdfimage_print

Mengganti template pada website joomla mungkin bukan hal yang sulit, karena dapat dengan mudah dilakukan dari ruang Administrasi website itu sendiri. Admin tinggal pilih menu Extensions > Template Manager kemudian pilih template yang diinginkan lalu jadikan default dengan cara mengklik icon “bintang” dibagian atas. Dengan beberapa langkah mudah tersebut, maka template website joomla kita sudah berganti template sesuai dengan yang dipilih.

Tapi apa jadinya jika kita ingin mengganti template website joomla, namun dikarenakan hal tertentu (misalnya website terkena Hack) kita tidak dapat masuk ke ruang administrasi dari website tersebut. Buat anda yang biasa melakukan pergantian template lewat administrator mungkin hal ini akan cukup membuat bingung, tapi kali ini tak perlu bingung lagi ya soalnya akan kita bahas cara mengganti template joomla melalui cPanel tepatnya melalui menu PhpMyAdmin. Dengan cara ini, kita tidak perlu masuk ke ruang administrasi dahulu jika ingin mangganti template, dengan catatan kita masih bisa mengakses cPanel hosting.

Baiklah untuk mengganti template Joomla via PhpMyAdmin , silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Login Cpanel

2. Klik Phpmyadmin di menu utama Cpanel

3. Pilih database website tersebut

4. Klik  jos_templates_menu

Mengganti Template Joomla via PhpMyAdmin

5. Setelah itu akan terdapat dua tabel lalu klik edit di paling kiri baris yang pertama pada gambar diatas

6. Ganti namatemplate dengan *template baru atau yang ingin digunakan

7. Klik Go/Simpan

8. Selain itu, perhatikan juga tabel ke dua. Pastikan pada kolom template diisi dengan “khepri”, jika tidak diisi itu maka pada saat admin akan mengakses ruang Administrasi (namadomain.xyz/administrator) maka akan menampilkan halaman putih (nge-blank). Hal ini juga perlu diperhatikan untuk anda yang website joomlanya sudah terkena hack, tak jarang hacker memodifikasi tabel baris kedua ini dengan tujuan mematikan akses admin ke ruang administrasi website joomlanya.

9. Clear cache browser

10. Sekarang website anda tampil dengan template baru tersebut dan anda sudah dapat melihat layar login ke dashboard wordpress anda seperti biasanya.

 

Note:

*template baru adalah nama folder template anda di file manager -> public_html -> templates -> nama folder template

Untuk menambah template baru secara manual, upload template yang anda buat atau anda unduh ke folder public_html -> templates, jika template berbentuk .zip maka  klik kanan file -> extract

Semoga membantu :)

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

  • Penghibur

    Jika menghapus semua data di data base kecuali public_html apakah akan merusak blog?

  • FAEDAH JAYA

    Wah Ini baru Artikel menarik.. Perlu di resapi ini, buat jaga – jaga dan persiapan di kemudian hari, agar tidak bingung jika terjadi masalah seperti diatas.. Makasih info dan ilmunya gan..

    Salam <>

    ***

Leave a Comment