Manual Knowledge Base

Menambah Sistem Keamanan Website WordPress Anda (Part II)

Qwords.com Manual Knowledge Base November 27, 2011


image_pdfimage_print

Setelah mengikuti tutorial yang ada pada link https://kb.qwords.com/menambah-sistem-keamanan-wordpress-anda/ kini saatnya meneruskan ke Part II ini, untuk mengamankan wordpress anda dari cybercrime. Berikut langkah-langkah lanjutannya:

1. Scan Komputer anda

Hal yang sering tidak disadari, ternyata komputer kita sendiri yang memasukan malware ke dalam hosting yang kemudian menjadi alat bagi pembuat malware untuk dapat masuk ke sistem website/hosting kita. jadi sebaiknya selalu scan komputer/laptop yang anda pergunakan secara rutin.

2. Ganti password secara berkala

Sudah pasti jika website kita terhack, dengan segera kita langsung mengubah password dengan password yang baru, namun akan lebih baik jika hal ini dilakukan setiap bulan dan secara menyeluruh (FTP,MYSQL,CPANEL, dan Dashboard wordpress)

3. Mengganti secret key default di wp-config.php

untuk secret key yang baru dapat anda dapatkan dari situs resmi wordpress https://api.wordpress.org/secret-key/1.1/salt/

setelah seorang hacker berhasil login di wordpress kita, maka cookies dari record akan disimpan agar hacker bisa tetap masuk ke dashboard walaupun password sudah kita ganti dengan yang baru, untuk mengantisipasinya silakan ganti secret key di “wp-config.php” dengan yang anda dapat di link diatas.

contoh secret key:

define(‘AUTH_KEY’,         ‘h4VSBp#[])*6K5;vV&fR0]GccHyziEPbs)3>EhK.$P~hW]W4v!Q:47s2GRrq@!K&’);

4. Cek .htacess segera

Sempatkan untuk mengecek file satu ini, jika anda tidak ingin setiap komputer yang mengakses website anda malah terkena malware dari website berbahaya yang dipasang hacker di htaccess website anda. dengan me-redirect website anda ke website berbahaya, ini membuat anda akan terkena hack dan terinfeksi malware disaat yang bersamaan.

contoh script:

5. Me-recreate hosting anda

Poin terakhir ini anda lakukan hanya jika anda berulang kali terkena hack kembali sedangkan semua tips security sudah anda lakukan, ini disebabkan hacker sudah menanam program didalam website anda sehingga memudahkan hacker untuk kembali melakukan hack, maka anda dapat membersihkan hosting anda ke keadaan baru membeli hosting, silakan membuat support tiket ke bagian teknis dengan subject recreate hosting.

https://kb.qwords.com/bikin-support-ticket-yuk/

Langkah-langkah di atas tidak menjamin website WordPress anda aman 100% dari hacker.

Semoga tutorial ini dapat membantu anda yang ingin selalu menjaga website tetap aman.

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

Leave a Comment