Upload WordPress di localhost ke Server Hosting

Upload WordPress dari localhost ke hosting mempunyai sedikit perbedaan dengan tetangganya joomla, dimana ada sedikit pengeditan sebelum database di upload ke phpmyadmin server hosting, berikut langkah-langkah Upload WordPress di localhost ke Server Hosting:

1. Export Database dari server Localhost

Upload WordPress di localhost ke Server Hosting

Perhatikan data yang diexport terpilih semua “select all” dan jenis file database “SQL”

2. Edit Database anda dengan text editor.

Upload WordPress di localhost ke Server Hosting

Perbedaan export database joomla dengan wordpress ada di bagian ini, pada wordpress anda harus mengedit isi dari file database anda seperti gambar diatas. anda bisa menggunakan text editor seperti notepad untuk mengeditnya.

3. Membuat database baru lengkap dengan usernya lalu import database di phpmyadmin server hosting.

Setelah anda membuat database baru dengan usernya , selanjutnya masuk ke phpmyadmin server hosting anda lalu import database yang telah anda edit.

Upload WordPress di localhost ke Server Hosting

4. Upload semua folder dan file website anda ke server hosting, apabila anda mengupload nya dalam bentuk zip, jangan lupa untuk mengextractnya, lokasi extract: public_html jika website adalah domain utama hosting anda, atau di dalam folder dengan nama website anda apabila website adalah subdomain/addon domain.

5. Edit file wp-config website anda, wp-config bisa anda temukan di file manager di folder website anda.

sesuaikan nama database, nama user dan password untuk database baru anda di server hosting. kemudian save.

6. Selesai.

Extra:

Saat anda mengupload tanpa melakukan langkah 2 maka yang terjadi pada wordpress anda yaitu semua link wordpressnya mengarah ke ”localhost”, solusinya yaitu mengupload ulang database dengan yang sudah di edit seperti di langkah 2.

Semoga Bermanfaat ^.^