Manual Knowledge Base

Cara Upgrade WordPress

Qwords.com Manual Knowledge Base May 14, 2010


image_pdfimage_print

Mengupgrade WordPress dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

  1. Mengupgrade WordPress dengan cara automatic (disebut juga dengan update)
  2. Mengupgrade WordPress dengan cara manual

berikut untuk cara yang pertama atau upgrade worpress secara automatic

1. Mengupgrade WordPress dengan automatic dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • Backup terlebih dahulu website anda (untuk lebih jelas akan bagaimana melakukan backup, dapat mengakses https://kb.qwords.com/backup-backup-%E2%80%93-di-cpanel-bagian-1/).
  • Ubah mode website anda menjadi maintainance mode.
  • De-activate plugin wordpress anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih menu installed (ganbar disamping) pada panel plugin kemudian pilih deactivate pada bulk action(gambar dibawah).

Cara Upgrade WordPressCara Upgrade WordPress

  • Masuk pada halaman wp-admin kemudian pada menu Tools pilih Upgrade lalu tekan tombol “update Automatically”( jika versi wordpress adalah yang paling baru maka akan muncul 2 tombol “Re-install Automatically” untuk melakukan install ulang dan ”Download x.x.x” untuk mendownload wordpress versi terbaru.)

Cara Upgrade WordPress

  • Aktifkan kembali plugin wordpress yang akan digunakan. Dengan cara yang hamper sama dengan langkah 3 hanya saja pilih activate pada action-nya.

2. Mengupgrade WordPress dengan cara manual

a. Mengupgrade WordPress dengan cara manual dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • Backup terlebih dahulu database website anda.
  • Backup directory WordPress. Jangan lupakan file ,htaccess.
  • Pastikan file backup anda tidak memiliki masalah (karena mungkin hasil backup bermasalah).
  • Deactivate plugin (Karena mungkin ada plugin yang tidak sesuai dengan versi wordpress terbaru yang hendak di install)
  • Download paket wordpress versi terbaru dari http://wordpress.org/download/, kemudian extract paket tersebut.

Cara Upgrade WordPress

b. Hapus file WordPress lama dari website anda, namun jangan hapus beberapa file berikut :

  • File wp-config.php (Berisikan script koneksi terhadap database wordpress/website)
  • Folder wp-content; Sebenarnya folder ini tidak begitu penting hanya saja sub folder wp-content/cache(subfolder ini
  • hanya ada pada wordpress versi 2) dan wp-content/plugins/widgets sangat penting.
  • Folder wp-images;
  • Folder wp-includes/languages/, Jika anda menggunakan file language;
  • File .htaccess, jika website anda menggunakan konfigurasi aturan tertentu (akses);
  • File robots.txt, jika file website anda berada pada direktory root.

c. Upload file wordpress yang telah di extract ke alamat website tujuan, kecuali file – file yang tidak dihapus seperti yang telah di jelaskan diatas

d. Jalankan program untuk mengupgrade wordpress, kemudian ikuti instruksi yang muncul di layar (Yang dimaksud program untuk mengupgrade WordPress adalah dengan menggunakan web browser yang tertuju halaman /wp-admin). WordPress akan melakukan pengecekan apakah upgrade database diperlukan, jika wordpress menganggap perlu untuk meng-upgrade database maka akan memberikan link yang menuju wp-admin/upgrade.php).

Tambahan: Sebelum anda melakukan langkah diatas pastikan username dari database WordPress anda memiliki hak akses untuk membuat (create), memodifikasi (modify), dan menghapus (delete) tabel database.

Berikut informasi tambahan jika hendak melakukan upgrade dengan script secara manual

  • Jika WordPress hendak diinstall pada directory root maka alamatkan browser anda menuju halaman berikut : http://namadomain.com/wp-admin/upgrade.php
  • Jika WordPress hendak diinstall pada subdirectory, misalkan subdirectory tersebut bernama blog, maka alamatkan browser anda menuju halaman: http://namadomain.com/blog/wp-admin/upgrade.php.

Jika setelah mengupgrade WordPress, anda mengalami kesulitan pada saat login maka anda dapat menghapus cache browser anda (seperti cookies dll.).

e. Update permalinks dan .htaccess. Update struktur permalink wordpress, karena mungkin setelah wordpress terupgrade, link yang anda buat pada halaman website tidak bekerja sesuai dengan seharusnya. Untuk mengupdate permalink dapat dilakukan pada panel setting kemudian pilih menu permalinks, pilihlah setting lain dari permalink selain setting yang anda gunakan pada common setting dari permalink setting.

Upgrade WordPressUpgrade WordPress

f. Install update plugin dan theme wordpress. Cek plugin yang sesuai dengan versi wordpress baru anda, plugin yang sesuai dengan versi WordPress dapat di cek pada http://codex.wordpress.org/Plugins/Plugin_Compatibility. Cek juga kompatibilitas/kesesuaian theme terhadap versi WordPress yang akan digunakan pada http://codex.wordpress.org/Themes/Theme_Compatibility.

g. Aktifkan kembali plugin anda (Jika ternyata plugin-plugin tersebut sesuai dengan versi WordPress yang digunakan dan didukung oleh pihak hosting)

h. Tambahkan security key pada file wp-config.php (untuk beberapa versi wordpress)

i. Cek perubahan yang terjadi pada WordPress dan website anda.

Jika menggunakan Fantastico untuk mengupgrade wordpress dari sebelum -versi 2.2, Fantastico akan menggunakan file wp-config-sample.php file untuk membuat file wp-config.php yang baru. Dengan cara ini, dua nilai yang baru yaitu DB_CHARSET dan DB_COLLATE akan ditempatkan kedalam file wp-config.php. Baris yang ditambahkan fantastico tersebut harus di hapus dari file wp-config.php jika mengupgrade wordpress dari sebelum versi 2.2 (seperti 2.0.10 atau 2.1.3) menuju wordpress versi 2.9.2.

Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi tim support kami melalui Tombol Buka Tiket dibawah ini:

Buka Tiket

  • oneday

    ini untuk semua wordpress atau yang premium ? soalnya saya cari2 kok gak ada yag opsi upgrade ama plugin di dashboard saya

  • Qwords.com

    Qwords.com Post author

    ini untuk yang premium, atau disebutnya yang pakai jasa hosting. kalau yang dari wordpress itu tidak perlu update lagi karena menginduk ke wordpress.com yang terupdate terus oleh pihak wordpressnya. tapi kelemahannya ada di penggunaan plugin ini. bedanya dengan jasa hosting kita bisa install macam-macam plugin di wordpress kita. seru!!.

  • Jual Kaos OceanSeven

    I just wanna say thank you for the information that you have been shared to us readers. Thanks for posting this kind of theme.

Leave a Comment