Cara Backup di cPanel

Backup file adalah salah satu hal yang penting, namun suka ditinggalkan.
berikut ini cara backup data anda..
Begini………
di cpanel, ada icon backup

Klik icon tersebut,

dan setelah itu halaman baru akan muncul.

berikut ini adalah bagian dari halaman tersebut dan akan di jelaskan perbagiannya

1. Full backup.
Apa itu full backup?
Full backup adalah arsip atau file yang memuat semua konfigurasi dari hosting anda, mulai dari konfigurasi subdomain, mx, cname dan lain2, untuk merestorenya fullbackup ini tidak bisa dilakukan di cpanel, anda bisa meminta bantuan kepada support di hosting anda.

Berikut langkah Full Backup:

1. Klik Full backup di halaman backup anda.

2. Isikan alamat email kemana notifikasi backup dikirimkan.

3. Tunggu email notifikasi ke kotak masuk email anda dan Klik Go Back , tunggu hingga proses backup selesai,
Setelah itu
Anda akan melihat pemberitahuan backup berhasil dan backup beserta tanggalnya akan tampil pada kolom backups available

4. Selesai, setelah ini anda dapat mendownload file backup tersebut di file manager cpanel anda ( dalam direktory /home/namadomain ), pastikan direktory sudah sesuai, silahkan scroll kebawah backup akan di temukan dengan nama file backup-jam_tanggal_namadomain/user.tar.gz.

2. Home Backup

Apa itu Home backup?
Home backup adalah arsip atau file yang memuat direktori / folder home anda, mulai dari public_html, public_ftp, dan lain-lain. Dibagian kanan monitor adalah untuk membackup home direktori anda, jika ingin membackup, klik saja buttonnya.  Jika  ingin ada merestore dibagian kiri monitor anda, browse file backup-an anda, klik upload, file anda langsung di restore.

3. MySQL Backup

Apa itu Mysql backup?
MySQL backup adalah arsip atau file yang memuat data pada mysql anda yang berupa sql.gz,  Dibagian kanan monitor adalah untuk membackup, pilih saja database yang akan di backup,  Jika  ingin merestore-nya, ada  dibagian kiri monitor anda.

4. Email Forwarder Backup

Apa itu Email Forwarder backup?
MySQL backup adalah arsip atau file yang memuat Email Forwarder anda,  Dibagian kanan monitor adalah untuk membackup, pilih saja Email Forwarder yang akan di backup,  Jika  ingin merestore-nya, ada  dibagian kiri monitor anda.

5. Email Filter Backup

Apa itu Email Filter Backup?
Email Filter Backup adalah arsip atau file yang memuat Email Filter anda,  Dibagian kanan monitor adalah untuk membackup, pilih saja Email Filter yang akan di backup,  Jika  ingin merestore-nya, ada  dibagian kiri monitor anda.
Done.

*